Rabu, 08 September 2010

DESIGN EXPLORER 99 SECOND EDITION

Pengenalan Software Protel 99 SE

Design Explorer 99 Second Edition (sering disebut : Protel 99 SE) merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mendesain gambar rangkaian elektronika beserta gambar layout Printed Circuit Board. Edisi Protel 99 SE memiliki fasilitas-fasilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan software Protel edisi-edisi sebelumnya, seperti Protel 2.0, Protel 98, Protel Advanced PCB, dan lain sebagainya.

Secara umum, Protel 99 SE merupakan salah satu program aplikasi standar yang layak digunakan untuk merancang atau menggambar skema rangkaian elektronika dan layout layout Printed Circuit Board (PCB).



Protel 99 SE dapat diaktifkan dengan menggunakan bantuan system operasi Windows 95, 98, 98 SE, ME, dan XP atau dengan sistem operasi lainnya yang lebih baik. Selain itu, program aplikasi ini juga dapat menjalankan simulasi layout PCB dalam gambar tiga dimensi (3D) pemetaan tata letak komponennya.


Program ini juga dilengkapi dengan sistem simulasi grafik sinyal dari rangkaian elektronika yang telah dibuat, sehingga dapat memudahkan para desainer perangkat keras elektronika dalam melakukan simulasi sinyal rangkaian elektronika. Kemudahan lainnya dari program ini adalah tersedianya fasilitas autorouter dan autoplacer untuk perancangan PCB sesulit apapun yang setara dengan seorang desainer PCB profesional

Secara umum, fasilitas-fasilitas pendukung pada edisi Protel 99 SE antara lain :
a) Program aplikasi ini dapat dijalankan dengan bantuan system operasi Windows 95, 98, 98 SE, ME, dan XP atau dengan sistem operasi lainnya yang lebih baik.
b) Teknologi Smart Team merupakan fasilitas yang memungkinkan perancang dalam mendesain rangkaian elektronika bersama-sama dengan orang lain dalam suatu jaringan komputer.
c) Teknologi Smart Document merupakan fasilitas yang memungkinkan pengaturan file-file Project Document yang dibuat tersusun secara mudah dan terpadu ke dalam suatu system Database
d) Fasilitas Autoroute merupakan fasilitas yang digunakan untuk memudahkan perancang (desainer) pada proses pemetaan seluruh jalur konduktor pada Layout PCB secara otomatis.
e) Fasilitas Autoplace merupakan fasilitas yang digunakan untuk memudahkan perancang (desainer) pada proses pemetaan seluruh komponen elektronika pada Layout PCB secara otomatis




Tipe-tipe Project Database

Pada program edisi Protel sebelumnya, pengaturan file-file yang telah dibuat harus disimpan secara terpisah-pisah sehingga menyebabkan kegiatan penyimpanan file-file project docoment menjadi tidak teratur dan terkesan rumit. Namun pada edisi Protel 99 SE, fasilitas pengaturan file-file tersebut menggunakan system database yang lebih terpadu dan efisien dalam satu paket sehingga terkesan lebih mudah sekaligus melengkapi kekurangan program protel edisi sebelumnya.

Tipe-tipe penyimpanan database file pada Protel 99 SE :
1) Tipe Microsoft Access Database.
Tipe microsoft access data base adalah media penyimpanan file-file dokumen yang telah dibuat ke dalam suatu sistem database yang berekstensi “*.Ddb”.
2) Tipe Windows File System.
Tipe windows file system adalah media penyimpanan file-file dokumen yang telah dibuat secara terpisah-pisah dengan data base yang bersangkutan.



Jenis-jenis Project Document

Proses perancangan suatu skema rangkaian elektronika dan perancangan layout PCB menggunakan komputer memerlukan dokumen lembar kerja (work sheet) yang dimanfaatkan menurut fungsinya masing-masing. Untuk menyelesaikan suatu proyek desain PCB memerlukan bantuan satu atau beberapa project document sebagai media perancangan yang saling terintegrasi.

Secara umum, pada program Protel 99 SE terdapat 4 (empat) jenis project document yang berguna sebagai media perancangan standar dan lazim digunakan oleh para perancang PCB profesional, antara lain :




1. Dokumen Pustaka Komponen Elektronika (Library Document), terdiri dari :
 Schematic library document
Schematic library document (dokumen pustaka skema) merupakan lembar kerja yang berfungsi untuk menambah, mengurangi, merubah, dan memperbaiki ukuran dan bentuk berbagai simbol komponen baik yang telah tersedia maupun tidak tersedia pada database pustaka simbol komponen. Selain itu, perancang dapat pula memanipulasi sendiri bentuk footprint komponen sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
Adapun aplikasi pada dokumen ini berekstensi *.Lib.
 PCB library document
Printed Circuit Board library document (dokumen pustaka komponen) merupakan lembar kerja yang berfungsi untuk menambah, mengurangi, merubah, dan memperbaiki simbol, ukuran, dan bentuk footprint komponen elektronika baik yang telah tersedia maupun belum tersedia pada database pustaka PCB dokumen.
Adapun aplikasi pada dokumen ini berekstensi *.Lib.

2. Dokumen Perancangan Rangkaian, terdiri dari :
 Schematic Document
Schematic document merupakan lembar kerja yang berfungsi untuk menggambar skema rangkaian elektronika yang merupakan fondasi (acuan) untuk merancang Layout PCB, atau dokumen ini sering disebut juga sebagai PCB schematic editor.
Adapun aplikasi pada dokumen ini berekstensi *.Sch.
 Printed Circuit Board document.
Printed Circuit Board document (dokumen PCB) merupakan lembar kerja yang berfungsi untuk membuat gambar seluruh layout PCB sekaligus menempatkan footprint dan berbagai atribut komponen elektronika, atau dokumen ini sering disebut juga sebagai PCB editor.
Adapun aplikasi pada dokumen ini berekstensi *.PCB.
Jenis-jenis Lapisan pada PCB

Protel 99 SE juga mempergunakan metode penggambaran dengan lapisan-lapisan tertentu guna mempermudah para perancangnya dalam membedakan dan memanipulasi setiap lapisan yang terdapat pada PCB. Secara umum, lapisan-lapisan (layers) yang digunakan ketika menggambar suatu layout PCB terdiri dari :

a) Multi Layer
Multilayer (multi lapisan), yaitu lapisan pada PCB yang menujukkan metode pengawatan meliputi seluruh lapisan yang tergabung dalam satu layout PCB.
b) Copper Trace Layer
Copper trace layer (Signal Layer) adalah lapisan tembaga yang digunakan sebagai penghantar arus listrik (jalur konduktor), lubang kaki komponen, dan lubang jumper (Via) pada layout PCB.
Copper trace layer didukung hingga 16 lapisan (layer), yang terdiri dari lapisan atas (Top Layer), lapisan bawah (Bottom Layer), serta dilengkapi pula dengan 14 lapisan tengah (Middle Layer).
c) Silk Screen Overlays
Silk screen overlays adalah lapisan tempat pencetakan bentuk kemasan komponen elektronika yang meliputi bentuk, nama, dan keterangan komponen elektronika yang terdapat pada layout PCB.
Silk Screen Overlays terdiri dari Top Overlays dan Bottom Overlays.
d) Solder Mask Layer.
Solder mask layer adalah lapisan penutup bagian yang tidak terkena penyolderan, umumnya lapisan ini dikenal dengan ciri berwarna hijau yang menutupi lapisan konduktor PCB kecuali bagian yang akan disolder.
Solder mask layer terdiri dari Top Mask Solder dan Bottom Mask Solder.
e) Keep Out Layer.
Keep Out Layer adalah lapisan yang digunakan untuk membatasi bagian-bagian terluar yang seharusnya tidak ditempati komponen pada jalur konduktor PCB. Keep Out Layer dikenal sebagai lapisan untuk membuat gambar kemasan / bentuk PCB.
f) Mechanical Layer.
Mechanical layer adalah lapisan yang digunakan untuk menempatkan keterangan mekanik PCB seperti ukuran, keterangan layer, dan lain-lain. Mechanical layer secara umum terdiri dari 4 (empat) jenis penomoran lapisan, yaitu Mechanical layer 1 sampai dengan Mechanical layer 4.



kalo ada yg mau ditanyain, tulis aj di kolom koment, atau email ke ojan.ea36@gmail.com, insyaALLAH klo gw bisa jawab pasti langsung di jawab

1 komentar: